About

Rabu, 12 Desember 2012

Cara Mudah Membuat Video CD - DVD

Cara Mudah Membuat Video CD - DVD


Pada awal tahun 90-an, telah dikem-bangkan standar video digital yang disebut Video Compact Disc (VCD).  Standar ini berupa sebuah CD yang berisi data audio dan video dengan durasi waktu sepanjang 74 menit.  Audio dan video di-encode ke dalam format MPEG-1 dan disimpan da-lam sebuah CD dengan format khusus.
Sejalan dengan perkembangan teknologi, jika dahulu video digital banyak meng-gunakan format VCD, maka sekarang video digital lebih banyak menggunakan format DVD (Digital Versatile Disc).  Video DVD  dengan format MPEG-2 memiliki kualitas video yang lebih baik jika dibandingkan dengan format MPEG-1.    

Ada beberapa tahapan dalam mengerjakan sebuah proyek pembuatan Video CD atau DVD, secara garis besar tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut :
1.  Capturing
2.  Editing
3.  Rendering
4.  Burning

Capturing adalah proses mendigitalisasi video dari sumber asalnya, seperti camcoder, VCR, atau bahkan dari receiver digital.  Hasil dari proses ini akan menghasilkan sebuah file dengan format AVI, yang merupakan video mentah dan kemungkinan masih harus diperbaiki untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.

Editing adalah perlakuan terhadap file video yang telah melalui proses capturing, ditahap ini kita dapat melakukan pemotongan klip video, memberi berbagai macam efek, memberi judul/teks, dan menambah efek suara/lagu.

Rendering merupakan proses penyimpanan dan konversi file video ke dalam format MPEG-1 atau MPEG-2.  Hal yang terpenting yang harus diperhatikan dalam proses rendering adalah menentukan kompresi atau codec, frame rate, dan frame size.

Burning adalah pekerjaan tahap akhir dari sebuah proyek pembuatan Video CD atau DVD.  Dalam tahap ini file video yang sudah disimpan dan dikonversi dalam format MPEG, akan dipindahkan ke dalam keping CD/DVD melalui CD/DVD Writer.

CD standar biasanya memiliki kapasitas sebesar 700 MB atau dapat menampung sekitar 80 menit video dengan format MPEG-1, sedangkan DVD standar memiliki kapasitas sebesar 4,7 GB yang dapat menampung sekitar 120 menit video dengan format MPEG-2.

0 komentar:

Posting Komentar